Blog

Pertama Kali Naik Pesawat? Simak Tips Berikut ini!

 

Rencana liburan yang udah lama dinantikan bakal segera tiba. Membayangkan bagaimana menyenangkannya liburan. Beberapa hal-hal yang harus kamu siapkan ketika pertama kali naik pesawat.

Melakukan perjalanan ke luar negeri, pesawat terbang otomatis menjadi transportasi yang paling efektif karena jarak tempuhnya yang lebih cepat. Nah, buat kamu yang akan melakukan perjalanan liburan ke luar negeri sekaligus pengalaman pertama kali menggunakan pesawat terbang, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum hari H keberangkatan.

 

Delapan tips berikut bertujuan untuk membantu dalam melancarkan perjalanan kamu agar tidak ada hal yang bisa membuat keberangkatan kamu terhambat atau berujung gagal, jangan sampai ya.

 

1. Persiapan sebelum keberangkatan

 

Hal yang pasti harus kamu siapkan sebelum berlibur adalah memesan tiket pesawat terbang. Cari tiket pesawat sesuai dengan budget yang telah kamu siapkan, atau kamu juga bisa lihat promo tiket pesawat 2020 di beberapa travel agent online yang menyediakan tiket pesawat terbang. Karena beberapa travel agent yang melayani pemesanan tiket akan memberikan promo dengan harga khusus seperti potongan harga atau promo menarik lainnya.

 

2. Jangan pergi sendiri

 

Usahakan jangan pergi sendirian. Kamu bisa mengajak teman atau saudara yang sudah terbiasa naik pesawat, dengan begitu ada yang membimbing tahapan-tahapan yang harus dilakukan. Namun jika kamu memilih sendiri, jangan ragu untuk bertanya kepada petugas bandara jika tak memahami suatu hal.

 

3. Perhatikan peraturan bobot bagasi

 

Penting bagi kamu yang baru pertama kali menggunakan pesawat terbang untuk mengetahui berat maksimal bagasi maskapai yang akan digunakan. Jika barang yang dibawa melebihi batas berat maksimal, maka kamu akan dikenakan charge atau tambahan biaya per kg. Disarankan bawalah barang yang perlu saja dan tidak membawa barang yang dilarang agar proses lebih cepat dan nyaman.

 

4. Cari tahu lokasi terminal keberangkatan

 

Agar memudahkan saat keberangkatan tiba, dan kamu tidak bingung saat mencari letak terminal maskapai yang digunakan, baiknya kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu terminal keberangkatan dan gate untuk naik pesawat.

 

 

5. Jangan terlambat check in

 

Check In, proses konfirmasi penumpang kepada petugas sebelum naik pesawat. Proses ini dapat kalian lakukan secara manual melalui mesin check-in yang tersedia, atau bisa secara online di website resmi maskapai. Pada saat check in jangan sampai terlambat, kalian wajib datang ke bandara paling lambat satu jam sebelum jadwal keberangkatan pesawat untuk penerbangan domestik dan dua jam untuk penerbangan internasional.

 

6. Siapkan tiket saat di bandara

 

Untuk mempersingkat waktu, kalian bisa menyiapkan tiket pesawat jika telah sampai di bandara untuk melakukan tahapan pengecekan tiket. Pada tahapan ini, siapkan data diri kalian seperti KTP atau SIM dan untuk kalian yang melakukan perjalanan ke luar negeri wajib menunjukkan paspor. Jika proses telah selesai, petugas akan memberi tiket dalam bentuk fisik (kertas) dan kamu bisa menuju gerbang keberangkatan sesuai dengan yang tertera pada tiket.

 

Selanjutnya kalian akan melakukan pengecekan tas sebelum masuk ke boarding room atau ruang tunggu. Barang bawaan kalian akan diperiksa oleh petugas. Kemudian kalian akan masuk Ruang Tunggu atau Boarding Room.  Tunggulah di tempat sesuai dengan gerbang keberangkatan (gate) yang tertera di tiket pesawat.

 

7. Proses boarding

 

Boarding, proses penumpang memasuki pesawat. Setelah menunggu beberapa saat di boarding room, kalian akan dipersilahkan masuk pesawat. Ketika sudah masuk pesawat, carilah tempat duduk sesuai tiket, kemudian kamu bisa meletakkan tas dan barang bawaanmu di bagasi kabin yang terletak di atas tempat dudukmu.

 

Saat di kabin, kamu akan diminta untuk memakai sabuk pengaman dan matikan telepon genggam. Hal ini bertujuan untuk menjaga keselamatan selama di pesawat. Usahakan jangan melepas sabuk pengaman meskipun sudah melewati proses take off dan landing dan tetap tenang dan jangan panik, biasanya yang baru pertama kali akan mengalami kepanikan ketika pesawat lepas landas dan mendarat.

 

8. Tetap rileks ketika pesawat sampai di bandara tujuan

 

Ketika kamu pertama kali naik pesawat, dan telah melakukan landing di bandara tujuan, kalian harus tetap rileks, jangan buru-buru membuka sabuk pengaman dan berdiri. Kalian perlu menunggu instruksi pesawat awak kabin. Kemudian kalian bisa mengambil barang kalian. Bersabarlah untuk menunggu pintu pesawat dibuka dan keluar dengan tertib.

 

Kemudian jangan lupa mengambil barang kalian yang masuk pada bagasi. Pastikan kalian menunggu di tempat yang sesuai dengan nomor pesawat. Jika sudah, kalian wajib menunjukkan nomor bukti penitipan bagasi yang biasanya menempel di tiket pesawat.

Leave a comment