Blog

Perpustakaan Jogja Terbesar di Asia Tenggara, Fasilitasnya Bikin Kalian Betah Berada Disini!

 

Perpustakaan Jogja – Kalian pasti sudah mengira Yogyakarta sebagai kota wisata sekaligus budaya dan pendidikan di kota Indonesia. Ya, hal itu sangat benar dan sudah terbukti di dalam negeri maupun luar negeri. Tak heran mengapa banyak wisatawan dari lokal maupun manca negera yang kerap mengunjungi. Bahkan sering menganggapnya sebagai Rumah untuk kembali. Yogyakarta juga dikenal sebagai kota pendidikan, maka dari itu banyak sekali orang-orang yang ingin mengambil gelar pendidikannya di kota yang terkenal akan gudegnya ini.

Di anugerahi sebagai kota yang penuh akan pesona dan budayanya ini tidak akan pernah mengurangi angka minim wisatawan, mau di bulan yang penuh libur hingga bulan yang padat aktivitas. Tak heranYogyakarta menjadi kota wisatawan nomor 1 di negeri Indonesia. Lalu kita balik lagi di dunia pendidikan, apakah Yogyakarta juga menjadi kota pendidikan nomor 1 di Indonesia? Jawabannya benar sekali.

Karena Yogyakarta menjadi kota pendidikan nomor 1 di Indonesia, pemerintah pun kerap membantu mengembangkan Yogyakarta menjadi kota pusat pendidikan. Salah satu bentuk pengembangannya adalah dibangunnya Grhatama Pustaka. Apa itu Grhatama Pustaka? Ialah sebuah perpustakaan modern terbesar, bahkan di Asia Tenggara. Ingin tahu kelanjutan apa saja? Yuk simak artikel  berikut.

Filosofi Nama Gedung Perpustakaan Jogja

Luas perpustakaan ini adalah 2,5 hektar, dan berlokasi di daerah Banguntapan, Bantul yang berbatasan dengan kota Jogja. Ini mengapa disebut sebagai perpustakaan terbesar di Asia Tenggara. Bangunan perpustakaan ini mempunyai konsep yang sangata unik. Bangunan filosofi jawa dibalut dengan arsitektur modern. Anda akan tertarik melihat 4 menara berdiri dengan gagah di atas bangunan perpustakaan.

Menara tersebut memiliki arti tersendiri, yaitu filosofi manusia yang paling sempurna adat Jawa, diantaranya yaitu Prakoso, Wangi, Wulung, dan Agung. taTernyata 4 minaret ini didasarkan pada filosofi manusia sempurna Jawa yaitu diantaranya Prakoso, Wulung, Wangi, dan Agung. Hal ini didasari dengan tujuan untuk menggapai ilmu pengetahuan agar menjadi manusia yang lebih maju, atau berhasil.

Selain memiliki filosofi bangunan yang indah, perpustakaan Jogja ini menyediakan taman dengan ukuran yang sangat luas. Jadi kalian bisa mengambil inspirasi dan sharing di ruang terbuka dan kembali menyatu dengan alam, tak usah khawatir dengan cuaca yang kurang bagus, ada beberapa Gazebo juga yang siap melindungi anda dari teriknya matahari maupun hujan.

Perpustakaan ini berhasil diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono ke-10, kemudian beliau memberi nama Grhatama Pustaka yang berarti tempat menyimpan pustaka. Sesuai dengan namanya, hal itu itu karena perpustakaan ini menyimpan ribuan buku penting dan langka yang tidak akan pernah di cetak ulang. Untuk mendukung era digital, perpustakaan ini juga membuat bacaan untuk versi digital. Kalian bisa menggapainya di perangkat digital, mulai dari smartphone, hingga laptop masing-masing.

Sebagai Perpustakaan Jogja terbesar di Asia Tenggara, gedung ini memiliki 3 lantai utama, dilantai bawah atau lantai 1 dibagian tengahnya terdapat pohon besar dan disediakan karpet rumput agar para pengunjung dapat duduk-duduk santai dan nyaman. Tak hanya itu, atapnya pun tanpa ada batas penutup, jadi mendukung suasana alam.

Di setiap lantai juga banyak memiliki ruangan yang digunakan sesuai dengan kebutuhan. Adapun penjelasan yang akan kita bahas satu satu ruangan di setiap lantainya.

Lantai Utama Perpustakaan Jogja Grhatama Pustaka 

  • Ruangan dongeng kanak-kanak
  • Ruangan bermain Anak-anak
  • Ruangan musik Anak
  • Ruangan koleksi Anak
  • Ruangan pemutaran film Cinema 6D/ ruangan nonton

 

Lantai Kedua

  • Ruangan bebas Perpustakaan
  • Ruangan anggota Pustaka
  • Ruangan Informasi untuk pengunjung
  • Ruangan Koleksi umum
  • Ruangan Koleksi braile
  • Ruangan Koleksi Referensi umum

 

Lantai Ketiga

  • Ruangan Koleksi era digital
  • Ruangan Koleksi langka
  • Ruangan koleksi kamus
  • Ruangan koleksi ensiklopedia
  • Ruangan Koleksi majalah, komik, dan koran.
  • Ruangan Koleksi penyimpanan pustaka
  • Ruangan Koleksi pengaturan undang-undang
  • Ruangan Koleksi untuk deposit
  • Ruangan referensi skripsi
  • Ruangan pemutaran Audio visual

Sangat luas dan banyak sekali fungsi yang ada di Perpustakaan Jogja ini. Fasilitasnya juga sangat menarik dan kreatif. Terutama di lantai utama ini. Untuk kalian yang ingin mengajak anak-anak, jangan khawatir karena dengan adanya Cinema 6D membuat anak-anak jadi betah dan tertarik. Cocok untuk mengenalkan bacaan ke anak-anak agar nanti kedepannya anak-anak gemar membaca.

Lalu lanjut ke lantai kedua, disini anda bisa mencari buku dengan berbagai macam ilmu. Akan tetapi perpustakaan ini kaya akan kebersihan, maka dari itu anda harus mencopot sepatu dan sendal kalian ketika hendak masuk ke dalam. Di lantai kedua ini disediakannya karpet, agar kalian bisa membaca buku disudut mana saja dengan nyaman, ini alasan utama mengapa anda harus melepas alas kaki. Yang lebih menarik dari lantai kedua ini, disediakannya buku braile. Buku tersebut spesial disajikan khusus untuk para penyandang disabiltas tuna netra (buta). hal ini sangat menarik karena, semua orang bisa membaca buku di Perpustakaan Jogja ini.

Kemudian terakhir di lantai ketiga, disini banyak sekali koleksi buku langka yang tidak akan kalian temukan lagi di toko buku. Selain itu disini juga menyediakan koleksi digital, jadi kalian bisa membaca buku di perangkat digital kalian.

Gedung ini di rancang dengan tujuan melebihi definisi perpustakaan pada umumnya. Perpustakaan ini bukan hanya menyediakan buku-buku, tapi juga menjadikan rekreasi belajar sambil bermain. Serta memberikan ruang untuk menggali kreativitas anda jika kalian bosan atau tidak bisa berada di suatu tempat, lokasi ini cocok sekali untuk kalian. Selain itu perpustakaan ini juga cocok untuk dijadikan tempat sharing, mencari informasi, melihat referensi, serta hanya semata untuk mencari internet gratis.

Terimakasih sudah mampir untuk membaca artikel ini, simak artikel lainnya yang membahas tentang Wisata Yogyakarta. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan dampak positif untuk kita. Agar generasi masa kini hingga kedepannya akan lebih gemar membaca buku-buku.

Leave a comment