Makanan khas lampung– Lampung merupakan provinsi yang letaknya berada di ujung selatan pulau Sumatera, Lampung memang sering menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi. Terutama untuk masyarakat sumatera, tidak di pulau sumatera saja .Diluar sumatera lampung terkenal dengan wisata alam, dan kulinernya. Lampung juga terkenal dengan pelestarian jenis gajah, yang tak kalah menarik yaitu kuliner yang memiliki rasa yang unik yang terus berkembang dari dulu hingga saat ini menjadi salah satu makanan yang bercitra rasa tinggi.

Seruit Lampung

Makanan-khas-lampung-seruit-lampung
Seruit lampung

Seruit yaitu makanan yang terbuat dari bahan dasar ikan sungai, seperti seperti ikan baung dan ikan leyis. Yang di olah dengan cara di bakar atau digoreng. Citra rasa yang dimiliki seruit ini tidak kalah dengan pisro. Walaupun hampir mirip makanan yang berbahan dasar ikan. Yang membedakan adalah sebelum dibakar atau digoreng ikan terlebih dahulu di olesi kecap manis dan campuran bawang putih,ketumbar garam dan bubu lainya. sehingga rasa bumbu akan meresap kedalam daging ikan.

Baca juga:
Cobain 6 makanan khas madura yang satu ini

Gulai Taboh

makanan-khas-lampung-gulai-taboh
Gulai Taboh

Makanan yang satu ini merupakan makanan berkuah yang di racik dengan bumbu-bumbu khas lampung. Jika di perhatikan makanan ini hampir mirip dengan lodeh.Gulai taboh biasa disajikan bersama ikan. Ada dua macam jenis gulai ini. yaitu gulai yang ditambah sayuran berupa daun tangkil, dan ada juga dengan campuran tuba. Yang namanya gulai sudah pasti masakanya terbuat dari santan, lalu di masak bersama dengan ikan. Bukan hanya ikan kacang panjang, kol dan rebung ikut serta di masak bersama. Rasanya lebih gurih di banding gulai lainya.

Makanan Khas Lampung Pisro

Makanan-khas-lampung-pisro
Pisro

Pisro merupakan makanan khas lampung yang merupakan makanan sehari hari masyarakat yang terbuat dari berbahan dasar ikan betook. Pisro biasa disajikan bersama sayuran-sayuran, pisro memiliki cita rasa manis dari gula aren, dan rasa gurih yang dihasilkan karena ikannya dibakar bersama terasi dengan perpaduan kuah yang kental. Serta pedas cabai dapat menggugah selera makan. Pisro hanya digunakan oleh ikan betok karena memiliki daging yang tebal. Untuk kamu pecinta kuliner pedas wajib cobaik menu makanan khas lampung yang satu ini. Agar lebih nikmat bisa disajikan dengan nasi hangat.

Terimaksih sudah membaca artikel mengenai makanan khas lampung, Jangan lupa untuk mencoba makanan diatas jika sedang menulusuri kota lampung, Kuliner yang mempunyai citra rasa tinggi ini membuat siapa saja yang mencoba akan ketagihan. Mengenai makanan khas lainya silahkan berkunjung di ayotraveling.com