Makanan Khas Batak– Batak merupakan wilayah yang berada di Sumatera Utara. Batak memiliki beragam kuliner yang mempunyai cita rasa khas yang dapat mengguggah selera. Batak merupakan salah satu suku yang terbesar di Indonesia. Batak memiliki 6 suku yaiu suku Bata Toba, Karo, Simalungun, Pakpak, Mandalingin,dan Batak Angkola Berbeda dengan masakan sumatera lainnya, Masakan batak menampilkan tradisi masakan asli suku bangsa Autronesia. Kuliner batak merupakan salah satu makanan yang terkenal dengan bumbu utamanya. Yaitu dengan rempah-rempah pilihan yang kental dengan masakan khas batak. Berikut beberapa rekomendasi kuliner yang wajib kamu coba.

Makanan Khas Batak 1: Naniura

Makanan-khas-batak-naninura
Naninura

Naniura artinya ikan yang tidak dimasak menggunakan api, Dimakan langsung dengan bumbu rempah di atasnya. Naniura adalah makanan suku batak Toba jika dahulu makanan ini hanya untuk hidangan raja-raja batak. Namun saat ini sudah bisa di nikmati banyak orang. Bumbu yang digunakan berupa irisan bawang merah dan disiram dengan bumbu kuningyang sudah dihaluskan. Sebelum di sajikan ikan mas terlebih dahulu di bersihkan dari duri dan lendirnya dengan cara direndam air jeruk purut.

Baca juga:
ayotraveling.com/makanan-khas-jogja-wajib-coba

Ikan Arsik

Makanan-khas-batak-ikan-Arsik-batak
Ikan arsik

Arsik merupakan salah satu masakan khas Batak yang paling banyak sajikan pada saat acara adat. Arsih merupakan makanan yang berbahan dasar ikan air tawar. Seperti ikan mas dan juga ikan nila, ikan ini berasal dari Danau Toba yang di tangkap langsung oleh masyarakat batak. Untuk menciptakan aroma dan rasa yang khas biasanya pada saat proses memasak ikan ditambahkan dengan andaliman, yaitu rempah yang menjadikan rasa pedasn yang akan menggoyangkan lidah. Rempah ini sangat terkenal di batak, Ikan arsik bisa disajikan dengan berkuah bisa juga kering, tidak akan merubah rasa sedikitpun .

Daun ubi jantung pisang

Makanan-daun-ubi-jantung-pisang
Daun-ubi-jantung-pisang

Makanan Khas Manad yang satu ini adalah daun ubi dan jantung pisang yg diolah dengan dipotong kecil-kecil dan ditambah kelapa parut. Lalu semua bumbu ditumis sampai benar-benar matang, Soal rasa makanan ini memiliki rasa gurih dan juga nikmat di lidah menjadi salah satu makanan pokok suku batak.

Mie Gomak

Makanan-khas-batak-mie-gomak
Mie gomak

Mie Gomak adalah mie berwarna kuning yang sekilas mirip dengan spageti. Mie gomak biasa dijadikan sebagai menu sarapan pagi masyarakat batak. Nama gomak di ambil dari gomak yang artinya adalah menggunakan tangan, mie ini biasa disajikan langsung dengan tangan, tetapi banyak yang menjual dengan menggunakan sumpit. Mie gomak bisa dijasikan dengan berkuah dan juga kering.

 

Batak memang mempunyai cita rasa kuliner dengan bumbu-bumbu rempahnya yang dapat menggugah selera makan banyak orang, Penasaran ingin mencobanya? semoga dapat menjadi rekomendasi kuliner yang akan kamu cicipi ketika berada di batak. kunjungi juga ayotraveling.com