Fakta Gunung Kerinci

Gunung Kerinci merupakan gunung berapi yang masih cukup aktif . Gunung ini banyak di datangi para pendaki yang hendak melakukan pendakian menuju puncak gunung tersebut. Strato Vulkano merupakan jenis dari gunung Kerinci. Pada tahun 2009 gunung ini sempat meletus kembali. Masuk ke dalam kategori gunung tertinggi di Asia Tenggara. Gunung ini berbatasan langsung dengan provinsi Sumatra bagian barat gunung ini memiliki keindahan alam yang cukup menarik.

Gunung-kerinci-2

Memiliki satu jalur utama gunung ini memiliki jumlah pendaki cukup banyak terutama di musim liburan. Untuk menuju puncak kerinci para pendaki membutuh kan waktu tempuh sekitar 2 hari lama nya.

Terdapat ragam satwa dan tanaman salah satunya monyet ekor panjang dan gajah. Jika beruntung para pendaki terkadang bertemu satewa lainya juga seperti kus-kus, tapir dan ragam jenis burung yang ada di sana.

Kebanyakan pendaki yang memburu puncak untuk menyaksikan indah nya matahari terbit dan terbenam, oleh karena itu suasana pagi dan sore hari puncak gunung kerinci terbilang sangat ramai oleh para pendaki.

Memiliki ketinggian yang cukup tinggi di banding gunung-gunung lainnya. Tinggi gunung ini sekitar 3.805 mdpl. Gunung ini sukses membuat para pendaki terpesona dengan keindahan pemandangan baik di sekitar jalur pendakian maupun di atas puncak.

gunung-kerinci-4

Beberapa fakta gunung kerinci yang harus pendaki ketahui sebelum memutuskan melakukan perjalan menuju gunung ini.

  • Gunung ini memiliki jalur pendakian dari Bengkulu, Jambi, Padang, Lubuk Linggau.
  • Suhu mencapai 5 derajat celcius saat musim kemarau tiba.
  • Merupakan gunung berapi yang masih sangat aktif
  • Danau Gunung 7 yang berbahaya namun indah.
  • Gunung dengan hutan hujan tropis
  • Habitat asli harimau Sumatra yang cukup banyak berkeliaran.
harimau-sumatera

Terdapat beberapa larangan yang harus di patuhi juga saat melakukan pendakian menuju puncak kerinci diantara nya

 

  • Jangan berani mencoba menyaksikan dari dekat pemandangan danau 7 tanpa pengamanan yang memadai.
  • Dilarang berada di Pintu Rimba sendirian.
  • Jangan mengeluarkan kata-kata kotor saat melewati jalur Pohon Bolong
  • Dilarang berbicara sembarangan selama dalam pendakian menuju puncak

Hampir semua gunung yang ada di Indonesia memiliki misteri tersendiri. Namun keindahan pemandangan di setiap gunung terutama di kerinci akan mengalahkan rasa takut akan misteri menyeramkan mengenai gunung tersebut. Mencaga ucapan pada saat melakukan perjalanan merupakan aturan wajib yang akan menjaga diri kita sendiri. Sejatinya tuhan menciptakan dua makhluk manusia dan jin. Alangkah lebih baik nya jika kita menghargai keberadaan mereka dimana pun mereka berada untuk tidak mengganggunya. Selalu awali pendakian anda dengan doa’a menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Nikmati indah nya wisata Indonesia lainya juga untuk menambah pengalaman wisata anda.