Ada begitu banyak Makanan khas Lombok dengan citarasa yang enak dan lezat yang bisa kamu temukan di kota Lombok. Sebagai salah satu destinasi wisata favorit, pulau Lombok sudah terkenal tidak hanya di kalangan traveler tanah air, tetapi hingga mancanegara sehingga tak aneh jika pemandangan aneh lagi jika melihat wilayah wisata di pulau Lombok penuh dengan turis.

Kuliner khas ini memiliki keunikannya masing-masing. Selain itu kita bisa menemukannya di beberapa rumah makan hingga warung tenda pinggir jalan. Berikut empat makanan khas asal Pulau Lombok yang tak boleh kamu lewatkan saat berlibur.

1. Ayam Taliwang

Makanan khas Lombok pertama yang paling populer adalah Aayam Taliwang. Ayam taliwang tentu saja memiliki citarasa khas karena beberapa bumbu yang digunakan didalamnya khas asli Lombok. Kuliner satu ini memiliki sejarah yang cukup panjang.

makanan-khas-lombok

Pada zaman Raja Karangasem, ayam taliwang pertama kali diperkenalkan oleh juru masak dari Sultan Sumbawa. Terdapat satu tempat di Mataram yaitu Karang Taliwang yang konon menjadi tempat pertama dikembangkannya ayam taliwang. Seiring perkembangannya, kita dapat menemukan penjual ayam taliwang di sepenjuru Lombok. Kini, masakan khas lombok tersebut dapat kamu temui dengan mudah di sebagian kota besar Indonesia, bukan hanya ada di Lombok saja.

2. Bebalung

Dalam bahasa Sasak, bebalung artinya tenaga. Makanan khas lombok ini sendiri dibuat dari tulang iga sapi maupun kerbau dengan racikan bumbu istimewa dan lezat.

makanan-khas-lombok-2

Bumbunya terbuat dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, kunyit serta jahe. Rasa pedasnya yang khas menjadi salah satu makanan khas dari Lombok yang wajib dicoba. Daya tarik utama kuliner satu ini adalah rasa kuahnya yang berbeda karena menggunakan bumbu spesial yang tidak akan kamu temukan pada jenis kuliner lainnya. Penyuka makanan berbahan dasar iga terutama akan sangat menyukai bebalung ini.

3. Sate Bulayak

Bulayak adalah sejenis lontong atau ketupat dengan bungkus daun enau atau daun aren dengan bentuk memanjang. Kita juga harus menggunakan gerakan memutar untuk membuka bulayak.

makanan-khas-lombok-3

                     Baca Juga 4 Pantai di Semarang yang tak banyak orang tau!

Bulayak pertama kali diperkenalkan sebagai makanan khas Lombok di Narmada. Dalam bahasa Sasak, kata bulayak yang berarti lontong. Namun bagi beberapa orang, rasa bulayak akan lebih gurih dan lembut jika dibandingkan dengan ketupat maupun lontong. Makanan khas ini umumnya disajikan bersama sate. Ada beberapa tempat yang bisa direkomendasikan untuk kamu apabila hendak berkunjung ke lombok kamu bisa mencicipi sate bulayak yang berada di Hutan Suranadi, Pantai Senggigi, Pantai Ampenan, Narmada dan Taman Udayana, kamu akan menemukan banyak sate bulayak disana.

4. Sate Rembiga

Menurut sejarahnya, keluarga Raja Pejanggik di Rembiga begitu ahli dalam membuat sate. Keahlian ini kemudian diturunkan dari generasi ke generasi hingga saat ini. Sekarang, keahlian dalam meracik sate tak sekedar keahlian turun temurun saja, tapi telah menjadi usaha yang turut mengangkat perekonomian warga di Rembiga serta Mataram.

makanan-khas-lombok-5

Sate rembiga terbuat dari daging sapi yang empuk serta citarasa yang khas. Aroma harum dari makanan khas Lombok ini sangat menggoda lidah. Sate rembigaakan semakin lezat jika disajikan hangat atau saat baru selesai dikipas. Daging satenya akan berwarna kemerahan dengan aroma asap dari hasil kipasan saat dibuat. Seporsi sate rembiga pada umumnya biasa disajikan bersama lontong.

Itulah sederet rekomendasi makanan khas Lombok yang perlu kamu cicipi jika berkunjung ke lombok karena akan membuai lidah kamu. Kini kalian tak perlu bingung lagi untuk menentukan wisata kuliner yang akan dikunjungi jika berkesempatan mengunjungi Pulau Seribu Masjid ini. Kamu bisa baca artikel lainnta di Wisata Indonesia.