Blog

7 Rekomendasi Makanan Khas Jogja yang Paling Hits

makanankhasjogja7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Makanan Khas Jogja – Butuh budget berapa sih buat kulineran di Jogja? Kalau udah ngomongin makanan, biasanya langsung kalap. Singgah di kota pelajar, kurang lengkap rasanya kalau belum menikmati makanan khas Jogja. Beruntung buat kamu yang lagi wisata di Jogja. Semua makanan pasti bakal pengen dicobain, karena selain enak juga harganya sangat terjangkau. Makanan khas apa saja sih yang wajib kamu kunjungi di Jogja? Simak rekomendasi selengkapnya di bawah ini ya!

 

BACA JUGA

4 Wisata Medan Paling Viral di Media Sosial

 

1. Gudeg Yu Djum

makanankhasjogja3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gudeg selalu menjadi primadona bagi para wisatawan di Jogja. Makanan yang cenderung memiliki rasa manis ini, terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan daun jati sehingga menghasilkan warna coklat. Gudeg biasa dikombinasikan dengan telur, krecek, ayam suwir, tempe atau pun tahu. Sangat menggugah selera bukan?

Gudeg Yu Djum bisa dibilang paling enak dan legendaris di Jogja. Nggak heran deh kalau setiap harinya selalu ada pelanggan yang memadati warung makan ini. Harga Gudeg Yu Djum mulai dari 12.000 – 45.000.

Lokasi: Karangasem mBarek CT III/22, Kaliurang St No.km. 4,5, Kocoran, Catur tunggal, Depok Sub-District, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55281

 

2. Sate Klatak

makanankhasjogja2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain gudeg, sate juga menjadi salah satu kuliner lezat yang diburu para wisatawan bahkan warga lokal. Nah salah satu sate yang hits di Jogja adalah Sate Klatak. Hidangan sate kambing asal Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul ini sangat berbeda dari sate biasa. Sate daging kambing muda yang ditusuk dengan jeruji sepeda yang disajikan dengan kuah gulai. Tusukannya bukan tusukan bambu biasa dan ukuran potongan daging kambingnya lebih besar tiga kali dari sate biasa. Tidak heran kalau penyajiannya tiap porsi hanya dua tusuk dan harganya Rp 12.000. Jadi harga per tusuknya Rp 6.000. Warung sate klatak banyak sekali berjejer di daerah Bantul di Jalan Imogiri Timur, Bantul. Kamu tinggal pilih saja.

 

3. Oseng-Oseng Mercon

makanankhasjogja4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk kamu para pecinta pedas. Sajian istimewa yang satu ini berbahan utama cabai rawit. Diipadukan dengan daging sapi, kikil, dan gajih. Aroma gula ayam yang bertabur cabai pun menggoda mata dan juga lidah. Yang paling terkenal di Jogja itu Oseng Mercon Pak No. Rasanya sudah tidak diragukan lagi. Lokasinya ada tiga tempat di Jogja, yaitu di Nologaten Wahid Hasyim, Ambarbinangun, Jalan Kaliurang KM 9,6. Nah, kamu yang tak sabar bisa langsung datang ke warungnya di jam 11 siang hingga 10 malam.

 

4. Bakmi Jawa

makanankhasjogja5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bakmi yang punya sebutan bakmi jawa ini memang sangat populer. Bakmi jawa dimasak diatas tungku tanah liat dan api arang. Tidak sulit menemukan tempat makan bakmi Jawa di Jogja. Hampir di setiap sudut kota selalu ada lapak penjual bakmi Jawa.

 

5. Angkringan

makanankhasjogja6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Salah satu kuliner yang populer di Jogja yaitu angkringan nya. Angkringan Jogja memang terbilang sederhana tapi dijamin bikin kangen. Kamu wajib mencoba nasi kucing, gorengan, sate telur dan sate usus. Hampir di setiap sudut kota, terdapat warung angkringan yang menawarkan kuliner murah dengan porsi yang imut. Karena ciri khasnya itu, angkringan di Jogja kerap dijadikan tempat nongkrong berbagai kalangan masyarakat.

 

Itulah 5 rekomendasi makanan khas di Jogja yang rasanya tak diragukan lagi. Sangat cocok untuk kamu yang hobi kulineran. Jadi, kapan nih liburan ke Jogja?

Leave a comment