Blog

7 Candi Jogja Paling Populer Dan Wajib Dikunjungi

7 Candi Jogja Paling Populer Dan Wajib Dikunjungi

Selain dikenal sebagai kota kuliner, Jogja juga dikenal dengan kota yang kaya akan pariwisatanya. Jogja seolah tak mau berhenti menuruti hasrat treveling kita. Candi Jogja memang sudah terkenal sekali bhakan hingga mancanegara. Bangunan yang tetap berdiri kokoh dengan desain arsitektur kuno hingga sekarang ini selalu dimininati pengunjung. Banyak pula pengunjung yang sengaja datang ke Candi Jogja hanya untuk menambah isi koleksi foto instagramnya. Berikut destinasi wisata Candi Jogja yang wajib dikunjungi.

1. Candi Roro Jonggrang  – Candi Prambanan

Candi Jogja Candi Prambanan Jogja
Candi Prambanan – Yogyakarta

Candi paling populer setelah Candi Borobudur adalah Candi Prambanan. Candi ini tak hanya telah populer di Yogyakarta, tetapi Candi Prambanan juga sangat populer di Indonesia bahkan mancanegara. Candi Prambanan telah diakui dunia UNESCO karena termasuk Situs Warisan Dunia. Candi Prambanan juga dinobatkan sebagai salah satu candi trindah di Asia Tenggara dan disebut sebagai candi Hindu terbesar di Indonesia.

Candi Jogja Candi Prambanan
Candi Prambanan – Yogyakarta

Untuk bisa berfoto-selfie di Candi Pambanan, anda hanya perlu mengocek biaya Rp. 20.000 untuk anak-anak dan 40.000 untuk dewasa. Delain Berfoto anda juga dapat menikmati fasilitas umum disana yaitu taman bermain, kereta kelinci, dll.

2. Candi bekas Kerajaan – Candi Ratu Boko

Candi Jogja Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko – Yogyakarta

Tak jauh dari namanya Ratu Boko. Ratu Boko ialah ayah dari Roro Jonggrang. Ratu Boko memiliki arti Raja Bangau.  Maka tak heran jika dulunya Candi Ratu Boko merupakan bekas istana raja.

Candi Jogja Candi Ratu Boko Jogja
Candi Ratu Boko – Yogyakarta

Hanya dengan Rp. 40.000 seperti Candi Prambanan, anda sudah  bisa menikmati suasana wisata di Candi Ratu Boko. Tak hanya tiketnya yang sama, ternyata letak Candi Ratu Boko juga tak jauh dari Candi Prambanan.

3. Candi tertinggi di Jogja – Candi Ijo

Candi Jogja Candi Ijo
Candi Ijo – Yogyakarta

Kawasan percandian bercorak Hindu, itulah sebutan untuk Candi Ijo. Letaknya hanya berkisar sekitar 4 km dari arah tenggara Candi Ratu Boko. Asal mula namua ijo untuk candi ini yaitu karena dahulunya candi ini dibangun di sebuah bukit hijau yang sangat terkenal atau Gumuk Ijo pada saat abad ke 9. Tinggi Candi Ijo yang mencapai 375 membuat candi ini dikatakan sebagai candi tertinggi di Yogyakarta.

Candi Jogja Candi Ijo Jogja
Candi Ijo – Yogyakarta

4. Candi Buddha terbesar di Jogja – Candi Sewu

Candi Jogja Candi Sewu
Candi Sewu – Yogyakarta

Candi Sewu merupakan candi terbesar Buddha kedua setelah Candi Borobudur. Letak Candi Sewu Berada di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Klaten. Dalam kisah legena Roro Jonggrang, candi ini di beri nama Candi Sewu meskipun jumlahnya tidak mencapai sewu (seribu).

Candi Jogja Candi Sewu Jogja
Candi Sewu – Yogyakarta

Candi Sewu pernah mengalami keursakan yang cukup parah pada saat terjadi gemoa terbesar bulan Mei 2006. Oleh karena itu Candi mengalami perbaikan sehingga bentuknya cukup berbeda dengan bentuk sebelumnya. Cukup mengocek saku Rp. 10.000 anda sudah bisa dapat berwisata di Candi Sewu.

5. Candi Hindu tersembunyi – Candi Gebang

Candi Jogja Candi Gebang
Candi Gebang – Yogyakarta

Tak seperti candi lain, minimnya petunjuk membuat akses untuk bisa menuju ke Candi Gebang terbilang cukup sulit alias tersembunyi. Candi Gebang terletak di Dusun Gebang, Desa Wedomartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman. Ditemukannya patung Ganesha pada November 1936 oleh penduduk setempeat membuat candi ini diketahui sebagai candi Hindu. Candi ini memiliki tinggi 8 meter. Harga tiket masuk hanya berkisar Rp. 5000/orang.

6. Candi Hindu Kerajaan Medang – Candi Barong

Candi Jogja Candi Barong
Candi Barong – Yogyakarta

Candi Barong merupakan candi Hindu peninggalan Kerajaan Medang. Candi ini sering dipakai sebagai Dewa Wisnu dan Laksmi istrinya yang di kenal dengan sebutan Dewi Sri yang berarti Dewi Kemakmusran Pertanian.

Candi Jogja Kala Candi Barong
Candi Barong – Yogyakarta

Letak candi ini berada di bukit, Desa Candisari, Tenggara kawasan Ratu Boko, Prambanan. Untuk bisa masuk ke wisata Candi Barong anda harus membeli tiket seharga Rp. 5000.

7. Candi Buddha berlapis Bajralepa – Candi Kalasan

Candi Jogja Candi Kalasan
Candi Kalasan – Yogyakarta

Candi Kalasan merupakan candi umat Buddha yang mempunyai lapisan penutup yang diberi nama Bajralepa. Hiasan Bajralepa itulah yang menjadi ciri khas Candi Kalasan.

Candi Jogja Candi Kalasan Jogja
Candi Kalasan – Yogyakarta

Harga tiket masuk cukup terjangkau yaitu Rp. 5000 saja. Candi ini berada di Desa Kalibening, Tirtamani, Sleman.

Nah.. sudahkah kalian berkunjung ke salah satu wisata candi diatas?

Leave a comment