Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung berapi aktif di Jawa Tengah. Gunung ini tercatat terakhir kali meletus pada tahun 1797. Gunung ini memiliki tinggi sekitar 3.145 mdpl di atas permukaan laut. Wisata pendakian gunung merbabu sempat di tutup pada pertengahan bulan Mei dan di buka kembali pada pertengahan bulan juni tahun 2019. Pada saat musim kemarau dan musim liburantiba. Gunung ini memiliki jumlah pengunjung yang cukup banyak.

Beberapa fakta Gunung Merbabu yang harus anda tahu diantara nya :

1. Gunung Merbabu Memiliki 3 Puncak

merbabu-mountain

Tiga deretan puncak utama merbabu antara lain, Puncak Kenteng Songo, Puncak Syarif dan Puncak Trianggulasi. Dari ketiga deretan puncak utama tersebut para pendaki dapat melihat dengan jelas deretan gunung-gunung tetangga merbabu. Gunung-gunung tersebut yaitu Gunung Lawu, Slamet, Merapi, Sindoro, dan Sumbing.

2. Di Himpit 3 Kabupaten

Gunung ini di himpit tiga kabupaten di antaranya yaitu :

– Kabupaten Semarang
– Dan Kabupaten Boyolali
– Kabupaten Magelang

Baca juga : 6 Gunung di Jawa Tengah yang paling ramai diburu pendaki

3. Fakta menjadi salah satu Taman Nasional

Fakta lain yang di miliki gunung ini yaitu fakta bahwa Merbabu masuk ke dalam kategori Taman Nasional. Karna keistimewaan Merbabu yang memiliki empat hutan yang masih sangat terjaga keindahan alam nya. Hutan tersebut antara lain :
– Hutan Montane
– Hutan Ericaceous
– Hutan dipterokarp bukit
– Hutan dipterokarp atas

Ke empat deretan hutan-hutan indah tersebut membuat Merbabu di resmikan oleh pemerintah sebagai Taman Nasional tahun 2014 lalu. Luas nya yang mencapai luas sekitar 57 hektar itu membuat nya Nampak terlihat semkain mempesona. Diresmikan oleh putusan Mentri Kehutanan yaitu tepat nya pada tanggal empat Mei 2014 .

jalur-pendakian-merbabu

4. Memiliki Lima Jalur Pendakian

Merbabu memiliki 5 jalur pendakian utama yang di resmikan pemerintah diantara nya :
– Via Jalur Selo
– Via Jalur Kopeng Thekelan
– Via Jalur Wekas
– Via Jalur Kopeng Cunthel
– Via Jalur Swanting

5. Gunung Merbabu Pernah Meletus

Gunung ini pernah meletus pada dua kali periode. Yaitu pada tahun 1560 dan tahun 1797.
Mengenai letusan nya di tahun 1560 ini masih belom ada konfirmasi pasti. Namun sempat di laporkan meletus pada tahun tersebut oleh warga sekitar merbabu kepada petugas.

 

merbabu.

Baca juga : 7 Wisata di Wonosobo yang Mempesona

6. Memiliki Bentangan Sabana

Bentangan Sabana yang hijau akan anda saksikan di gunung yang satu ini. Keindahanya yang telah tersohor ke berbagai pelosok negri bahkan sampai ke manca negara. Tak jarang para pendaki Gunung Merbabu di anatar nya sebagian ada juga wisatawan manca negara.

sabana-merbabu-2

Terima kasih telah mampir berkunjung ke artikel ini. Baca juga artikel-artikel lainya yang ada di Blog ini.