6 Fakta Menarik Gunung Tangkuban perahu

Wisata Gunung Tangkuban Perahu mungkin sudah tidak asing lagi di daun telinga. Wisata ini menyuguhkan keindahan alam yang sangat mempesona. Beikut ini ayotraveling telah merangkum beberapa fakta menarik mengenai wisata ini.

gunung-tangkuban-perahu-1

Gunung Berapi Aktif Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu ini merupakan gunung yang masih sangat aktif, ada banyak tanda-tanda keaktifan gunung ini. Diantara keaktifan gunung ini yaitu muncul nya beberapa sumber air api yang sangat aktif dan di tambah dengan mucul nya gas belerang di sekitaran kawah. Sinyal keaktifan gunung ini membuat gunung ini diamati dengan baik oleh Badan Direktorat Vulkanologi.

Kawah Ratu Tangkuban Perahu

Kehadiran kawah ratu ini menambah salah satu deretan fakta menarik gunung ini. Keindahan kawah ini membuat para wisatawan setiap hari nya berdatangan untuk menikmati indah nya pemandangan kawah ratu. Nampak seperti sebuah mangkuk yang berukuran cukup besar membuat kawah ini terlihat sangat indah dan menarik.

kawah-ratu-tangkuban-perahu

Kawah Domas

Kawah kedua yang ada di wisata gunung tangkuban perahu ini yaitu wisata Kawah Domas, Jarak kawah ini cukup dekat dengan kawah ratu. Wisatwan hanya perlu berjalan sekitar 1,2 km. Kawah ini memiliki sumber mata air panas yang snagat baik. Beberapa tebing di dekat kawah ini memiliki warna tebing yang cukup aneh yaitu warna kuning. Rongga-rongga tebing tersebut beberapa diantaranya mengeluarkan kepulan-kepulan asap belerang.

kawah-domas-tangkuban-perahu

Legenda Tangkuban Perahu

Nah ini dia fakta menarik lainnya mengenai wisata ini, terkenal akan legenda nya yang menceritakan kisah seorang anak yang terpisah dari ibu nya sejak lama. Anak tersebut bernama Sangkuriang dan sang ibu bernama Dayang Sumbi yang terlihat sangat awet muda ini.

Baca Juga : Pesona wisata Kawah Putih

Baca Juga : 7 Wisata Candi di Jawa Tengah

Karna kecantikan Dayang sumbi yang sangat terjaga, singkat cerita pada saat Sangkuriang datang ke daerah tersebut Sangkuriang langsung jatuh hati. Begitu pula sebaliknya dengan Dayang Sumbi. Hingga suatu hari Dayang Sumbi melihat Tanda Lahir yang ada di kepala Sangkuriang yang iya kenali sebagai anak nya dulu. Ia mncoba menjelaskan fakta yang sebnenarnya kepada Sangkuriang. Namun sayang Sangkuriang tidak mempercayai sedikitpun ucapan Dayang Sumbi tersebut. Dayang Sumbi kemudian memberikan sebuah permintaan yang sangat mustahil yakni dengan meminta di bautkan perahu dalam semalam, Sangkuriang pun langsung memenuhi permintaan tersebut dengan bergegas membuatkanya. Di pertengahan malam ternyata permintaan tersebut hampir terpenuhi, Dayang Sumbi pun langsung melakukan siasat agar dapat menggagalkan usaha Sangkuriang dengan membangunkan ayam menggunakan lampu yang di tutup kain. Sangkuriang pun kesal dan marah besar, karena nya ia menendang perahu yang belum jadi itu hingga terbalik dan di percayai masyarakat perahu tersebut kini menjadi sebuah gunung yaitu Gunung Tangkuban Perahu.

Cuaca dan Belerang

Saat anda mengunjungi wisata yang satu ini jangan lupa memakai baju yang tebal, ini karena cuaca di wisata yang satu sangat dingin dan di selimuti kumpulan kabut tebal di waktu-waktu tertentu. Selain itu jangan lupa membawa masker penutup yang tebal, karena bau yang di timbulkan dari kawah belerang yang masih sangat aktif tersebut cukup menyengat.

Kuliner Ketan Bakar

ketan-bakar-tangkuban-perahu

Jika anda berwisata ke sini, jangan lupa membeli ketan bakar. Kuliner yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat nikmat. Ketan bakar dengan guyuran kuah santan akan menambah cita rasa makanan ini semakin nikmat.

Selain itu anda akan dengan mudah menemukan penjual bandrek di wisata yang satu ini untuk mengusir hawa dingin dari dalam tubuh anda pada saat anda berada di wisata yang satu ini

Terima kasih telah membaca artikel ini. Baca juga artikel-artikel lainya yang ada di Blog ini.