Blog

5 Oleh-oleh Khas Semarang Yang Selalu di Buru Para Wisatawan

5 Oleh-oleh Khas Semarang Yang Selalu di Buru Para Wisatawan

Oleh-oleh khas Semarang – Ibu Kota Jawa Tengah ini memang mempunyai daya tarik tersendiri untuk menarik perhatian para wisatawan lokal maupun mancanegara. Akan tetapi tak sempurna rasanya jika berlibur atau berkunjung ke Semarang tanpa membawa oleh-oleh khas Semarang.

Ada berbagai macam oleh-oleh yang bisa kamu pilih di kota Semarang ini karena ada banyak ragam oleh-oleh yang . Mulai dari jenis souvenir, pakaian, batik, makanan yang memang khas dari kota ini. Harga yang di tawarkan pun sangat lah terbilang ekonomis dan bersahabat dengan kantong.

oleh-oleh-khas-semarang

Berikut adalah 5 Jenis Rekomendasi Oleh-oleh Khas Semarang yang Bisa Kamu Jadikan Buah tangan

1. Wingko Babat Oleh-oleh Khas Semarang

oleh-oleh-khas-semarang-1

Wingko Babat Oleh-oleh Khas Semarang ini yaitu jajanan yang terbuat dari tepung ketan dengan campuran parutan kelapa muda, gula dan garam . Cita rasanya manis, legit dan gurih dijamin pasti bisa memanjakan lidah kamu.

Untuk mendapatkan jajanan wingko babat ini, kamu dapat ke Semarang Jalan Cendrawasih No. 14. Ada banyak penjual wingko babat yang ada di sana. Dan salah satu wingko babat yang begitu terkenal yaitu Wingko Babat Cap Kereta Api. Ada berbagai varian rasa yang menarik dan dapat kamu nikmati ada rasa original, coklat, durian dan juga pisang. Makanan ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk orang-orang tercinta yang ada rumah.

2. Lumpia Oleh-oleh Khas Semarang


Lumpia Semarang memang identik dengan rebung atau bambu muda sebagai isian lumpianya. Ditambah dengan campuran ayam atau udang yang dibalut dengan kulit lumpia membuat makanan ini terasa nikmat dan gurih di lidah. tidak salah memang jika lumpia ini dijadikan sebagai salah satu ikon kuliner khas semarang dan menjadi oleh-oleh khas kota ini.

Walaupun kamu bisa menikmati lumpia di kota lain, namun lumpia dari kota asal tentunya mepunyai cita rasa yang berbeda. Lumpia khas Semarang ini mempunyai tekstur yang renyah dan begitu gurih. Perpaduan antara bumbu yang sangat nikmat akan membuat kamu merasa sangat ketagihan.

Harga lumpia khas ini juga tidak terlalu mahal. Kisaran antara 9000K-12.000K /perbuah. Namun itu juga tergantung dari lokasi tempat yang kamu beli.

Kamu bisa menemukan lumpia ini dengan mudah di pusat oleh-oleh khas Semarang. Namun, jika kamu ingin membelinya langsung dari pembuat asli resep lumpia kamu bisa datang ke Gang Lombok yang berada di kawasan Semarang, Pecinan.

3. Tahu Bakso Bu Pudji

 


Tahu bakso Bu Pudji ini juga tak kalah terkenalnya dengan lumpia khas Semarang. Makanan ini banyak diminati para wisatawan di awal tahun 2000. Namun, sebenarnya oleh-oleh khas kota yang satu ini sudah ada sejak tahun 1995.

Ada dua jenis tahu bakso yang bisa kamu pilih, ada tahu bakso yang goreng dan tahu bakso yang di rebus. Dua-duanya sama-sama enak dan dijamin tidak akan mengecewakan lidah kamu.

Namun Tahu bakso yang paling terkenal di Semarang yaitu tahu bakso Ibu Pudji. Kamu bisa datang ke outletnya di Ungaran, Semarang, Langensari, No. 156, Jl Jenderal Sudirman .

Untuk tahu bakso goreng harganya 22.000K/per kotak, untuk tahu bakso rebus harnya 20.000K/per kotak. Sangat murah bukan?

4. Oleh-oleh khas Roti Ganjel Rel

 


Namanya terbilang sangat unik namun kamu wajib mencoba roti khas Semarang satu ini. Tekstur dai roti ini berwarna coklat, bertekstur padat, keras dan agak alot. Roti ini memang berbentuk seperti bantalan kereta api. mungkin itu sebabnya mengapa orang menamainya dengan sebutan Roti Ganjal rel.

Harganya 20.000K saja, kamu bisa membeli oleh-oleh khas Semarang ini untuk keluarga,kerabat dan juga teman. Bukan hanya enak walaupun tekstur dari roti ini keras ternyata mempunyai manfaat yang baik buat kesehatan menurut para ahli kesehatan.

5. Roti Brilliant Khas Semarang

 

sumber gambar : static-src.com

Roti Brilliant ini salah satu kue khas Semarang yang sangat diburu para wisatawan. Kue khas yang satu ini dibuat dari bahan terbaik dan masih dengan resep kuno yang masih terjaga originalannya.

Roti ini mempunyai rasa yang sangat lezat jadi tak heran jika kue ini laris-manis dan mencadi oleh-oleh favorit para wisatawan. Roti ini sama sekali tidak diberi bahan pengawet,namun kue ini bisa bertahan sampai 2 bulan.

Berikut tadi adalah 5 rekomendasi oleh-oleh khas Semarang yang bisa jadi pilihan kamu untuk keluarga, teman dan juga rekan kerja. Terimakasih sudah berkunjung ke Ayotraveling.com. Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Ayotraveling.com tentang objek wisata, traveling dan beragam kuliner yang ada di Nusantara.

Leave a comment