Blog

5 Makanan Khas Riau Yang Disukai Turis Karena Kelezatannya

Makanan Khas Riau – Di Indonesia cita rasa dari makanan khas Riau memanglah tidak usah diragukan lagi. Jadi tak heran jika banyak turis maupun wisatawan lokal yang sangat menyukai berbagai makanan khas yang ada di Riau.

Ada banyak makanan khas yang terkenal akan kelezatannya namun, 5 makanan khas ini selalu jadi pilihan utama para turis dan juga wisatawan.

 

Berikut adalah Berbagai 5 Makanan Khas Riau yang Terkenal

1. Roti Jala

Makanan khas Riau yang satu ini umumnya dihidangkan jika ada acara besar seperti pesta pernikahan dan acara besar lainnya. Roti Jala ini berbahan dasar tepung terigu yang disajikan bersama tumpahan saus durian jika menyukai makanan yang manis.

Akan tetapi, roti jala juga biasa dimakan bersama kari kambing, daging ayam, juga sapi. Jika kamu belum mengetahui tentang makanan yang satu ini. Spesifikasi dari roti jala sendiri berbentuk segitiga yang dihasilkan dari cetakan. Warna originalnya putih dan jika ingin berkreasi roti jala juga dapat di beri pewarna hijau pandan.

2. Makanan Khas yang Berbahan Dasar Ikan, Asam Pedas Ikan Baung

makanan-khas-riau

Makanan khas yang berbahan dasar ikan ini memang sangat populer. Asam pedas ikan baung ini adalah makanan yang ada dari pengaruh yang dibawa oleh orang Melayu yang ada di Sumatera.

Cara membuat asam pedas, Orang Riau membuat berbagai bumbu dengan memakai beragam rempah tradisional. Sementara cita rasa asam dihasilkan dari  asam kandis atau air asam Jawa untuk rendaman bumbu-bumbu dan ikan. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan baung namun bisa juga diganti dengan lele.

Tekstur dari ikan baung sendiri sangatlah lembut tidak berduri dan mempunyai warna yang terang. Jika dibandingkan dengan ikan patin, tingkat ketebalan ikan baung lebih tebal daripada ikan patin. Selain bisa di masak asam pedas, ikan baung juga sangat cocok apabila dijadikan masakan gulai.

3. Makanan Khas Riau Cincal0k

Cencaluk sendiri makanan yang terbuat dari olahan udang kecil yang dicampur dengan rempah-rempah tradisonal. Proses pembuatan udang ini yaitu dengan difermentasi terlebih dahulu, jadi akan menimbulkan aroma dan rasa yang khas. Cincalok biasanya juga dijadikan sebagai pelengkap sambal makanan yang satu ini sangat cocok jika dinikmati dengan sepiring nasi hangat.

4. Makanan Khas Riau Yang Juga Berbahan Ikan Selanjutnya adalah Gulai Ikan Patin

sumber gambar : www.resepkuerenyah

Tak kalah dengan Asam Pedas Ikan Baung, Gulai Ikan Patin ini juga sangat spesial dan juga fenomenal. Banyak sekali penggemar makanan khas yang satu ini. Makanan yang berbahan dasar ikan patin ini mempunyai cita rasa yang begitu nikmat dan dapat menggoyang lidah siapa pun yang mencicipinya.

Gulai ikan patin adalah makanan yang berasal dari Pekanbaru yang mempunyai kuah berwarna kuning pekat dan juga sangat kental.

 

5. Makanan Khas Riau Sup Tunjang

Sup tunjang sendiri adalah masakan hangat yang cocok di makan saat cuaca sedang dingin atau musim hujan. Karena Sup tunjang ( sup tulang ) bisa membuat tubuh menjadi hangat.

Bahan sup tunjang sendiri menggunakan tulang kaki sapi yang masih dibaluti daging. Tulang-tulang tadi direndam dengan kuah yang bening agak kekuningan dengan dicampuci beberapa pelengkap seperti irisan kentang, wortel, daun bawang dan tomat. Cita rasa dari sup tunjang sendiri sangat gurih dan kuat karena menggunakan rempah-rempah tradisonal yang menambah kenikmatan dari sup tunjang sendiri. Untuk menyedot sumsum langsung dari tulangnya biasanya menggunakan sedotan.

Berikut tadi adalah 5 makanan khas yang selalu mencadi favorit para turis saat berkunjungg atau berwisata di Kota Riau. Terimakasih sudah mampir ke web Ayotraveling.com.

Jangan lupa baca juga artikel lainnya di web Ayotraveling.com

 

Leave a comment