Makanan khas Jawa Barat memanglah sangat unik dan jadi favorit banyak orang. Mulai dari makanan berat, makanan manis, hingga cemilannya pun hampir semua orang menyukainnya.

Jika kamu sedang berwisata atau berkunjung ke Jawa Barat tak sempurna rasanya jika tidak mencicipi 5 menu makanan khas Jawa Barat ini.

makanan-khas-jawa-baratBerikut ialah 5 Menu Makanan Khas Jawa Barat Yang Disukai Semua Umat

1. Soto Kuning Makanan Khas Jawa Barat yang Populer

makanan-khas-jawa-barat-1

Sesuai dengan namanya Soto Kuning, makanan khas yang satu ini mempunyai keunikan pada kuahnya yang berwarna kuning. Rempah yang digunakan untuk memeperoleh warna kuning tadi adalah kunyit. Isian dalam Soto Kuning juga ada beraneka ragam daging. Ada sapi, limpa, daging ayam, hingga babat.

2. Makanan Tradisional Nasi Jamblang Daun Jati

makanan-khas-jawa-barat-2
sumber gambar : indonesia.go.id

Makanan tradisional ini berasal dari Cirebon. Nasi jamblang daun jati ini merupakan olahan nasi yang  ditambahkan dengan lauk-pauk kemudian dibungkus dengan daun jati.

Dalam satu porsi nasi jamblang nasinya tidak banyak namun, nasi tadi akan ditumpuk dengan puluhan macam lauk. Pembungkusan dari daun jati juga memberikan aroma,cita rasa khas dan unik.

Meski terlihat biasa saja namun, makanan tradisional yang satu ini mempunyai nilai sejarah. Pada jaman penjajahan dulu warga Cirebon ikut bekerja dalam kerja rodi dan pada akhirnya warga Cirebon memberikan nasi dengan daun jati untuk diberikan para pekerja rodi.

3. Makanan Khas Jawa Barat Terfavorit,Sate Maranggi

Sate Maranggi berasal dari Daerah Ciamis, Sate Maranggi juga bisa ditemukan di Daerah Purwakarta. Namun, cita rasa yang khas dan sangat nikmat yang membedakan dengan jenis sate-sate lain.

4. Peuyeum

Peuyeum adalah salah satu cemilan khas Jawa Barat yang manis dan sangat populer. Bahan dasar Peuyeum sendiri yiatu singkong. Cara membuat Peuyeum juga terbilang simpel dengan cara singkong dikukus, diangkat tunggu hingga dingin lalu ditaburi dengan ragi agar merangsang pertumbuhan jamur pada singkong.

Peuyeum juga dipercaya mampu menghangatkan tubuh, jadi Peuyeum ini sangat cocok untuk dikonsumsi di malam hari atau saat musim hujan.

5. Cireng

Cireng merupakan cemilan khas Jawa Barat yang tak kalah populer dengan Peuyeum. Cireng sendiri mempunyai singkatan yaitu dari kata aci goreng. Nama ini digunakan tentunya memudahkan kita saat menyebutnya.

Cemilan satau Cireng ini berbahan dasar dari tepung tapioka yang di bumbui dengan bawangg putih, garam, penyedap, daun bawang. Selanjutnya bahan-bahan tadi di campur jadi satu kemudian di masak dengan air secukupnya. Setelah semua bahan jadi, kemudian diuleni dan membentuk cireng dengan ukuran sesuai selera. Step selanjutnya goreng cireng hingga matang, kamu juga bisa menyajikan cemilan cireng ini dengan sambal rujak.

Berikut tadi adalah 5 makanan khas Jawa Barat yang begitu populer dan sangat disukai orang. Mulai dari Anak-anak sampai Orang Dewasa sangat menyukai 5 menu khas Jawa Barat tadi. Terimakasih sudah berkunjung ke web Ayotraveling.com. Jangan lupa baca juga artikel lain dalam web Ayotraveling.com.