Blog

5 Makanan Khas Batak Yang Sangat Populer dengan Kelezatanya

5 Makanan Khas Batak Yang Sangat Populer dengan Kelezatanya

Kuliner yang ada Sumatera Utara memang tidak bisa lepas dari makanan khas Batak. Karena makanan khas Batak mempunyai ciri dan cita rasa tersendiri dalam setipa masakannya.

Jika kamu sedang berkunjung atau berlibur ke Sumatera Utara rasanya tidak lengkap jika tidak mencoba menikmati 5 makanan ini.

makanan-khas-batak
Inilah 5 Makanan Khas Batak yang Lezat dan Sangat Populer

1. Makanan Khas Batak Ikan Arsik

makanan-khas-batak-1
Arsik makanan khas batak olahan ikan ini memanglah masakan tradisional yang berasal dari Tapanuli Utara, Toba Samosir dan Batak Toba. Makanan yang satu ini sudah ada sejak dahulu dari nenek moyang yang di wariskan secara turun-menurun hingga sampai saat ini.
Saat hendak memasak masakan ini untuk upacara adat jumlah ikan arsik harus berjumlah ganjil. Jumlahnya pun memiliki arti sediri dari adat Batak.

Cita rasa dari masakan khas Batak ikan arsik ini sangat berbeda dengan olahan ikan lainnya karena olahan ini menggunakan aneka bumbu khas batak seperti cikala dan andaliman.

2. Daun Ubi Tumbuk

Dari namanya saja pasti semua orang tau apa bahan dari masakan khas batak yang satu ini. Daun singkog adalah bahan utama dari masakan ini. Selain kelezatannya daun singkong ini sangat bermanfaat seperti dapat menambah darah dan menyembuhkan penyakit stroke.

Sayur daun singkong dari segi penampilannya memang terlihat seperti makanan yang biasa saja. Akan tetapi berbeda dengan makanan khas yang satu ini. Daun ubi tumbuk disetiap daerah di Sumatera Utara memang berbeda dan mempunyai ciri khas masing-masing. Akan tetapi bagi Orang Batak sendiri makanan ini mempunyai kenangan dan cerita tersendiri.

3. Mie Gomak


Mie gomak adalah makanan khas Batak yang ada di daerah Batak Toba. Buat kamu pecinta kuliner mie, mie gomak ini sangat recommended untuk kamu. Banyak orang yang menyebut mie gomak ini sebagai spageti soup ala Indonesia. Nama gomak sendiri berasalah dari kata “gomak” (aduk) karena cara masaknya memang dengan diaduk dengan mencampurkan seluruh bumbu.

4. Ikan Mas Naniura


Makanan khas Batak naniura atau ikan mas na niura adalah makanan tradisional dari Batak Tapanuli. Dahulu masakan ini hanya dihidangkan untuk para raja saja. Akan tetapi sekarang semua boleh menikmati masakan khas Batak yang satu ini.

5. Lonok – Lonok


lonok – lonok adalah salah satu makanan tradisional yang berasal dari daerah Karo Sumatera Utara. Makanan khas satu ini adalah makanan yang di gunakan dalam upacara adat seperti pernikhan, kelahiran, kematian dan upacara-upacara lainnya.

Harga lomok-lomok seporsinya sangat berfariasi dan ekonomis mulai dari Rp. 10.000-Rp. 20.000 perporsinya.

Akan tetapi beberapa daerah di Sumatera Utara yang warga beragama Islam. Olahan tradisional sebagai hidangan pokok pada upacara adat ini memang berbahan daging Babi, akan tetapi biasanya di gantikan dengan daging Kerbau atau Kambing.

Itu tadi 5 makanan tradisional khas batak yang terkenal akan kelezatannya. Terimakasih sudah berkunjung ke web Ayotraveling.com.

Jangan Lupa Baca Juga Artikel Lainnya Mengenai :  5 Makanan khas Jambi Yang Dapat Menggoyang Lindah

Leave a comment