4 Makanan Khas Pekalongan yang Nagihin

Makanan khas pekalongan– Pekalongan memang terkenal dengan kota penghasil batik, banyak batiknya yang terkenal sampai nusantara. Bukan hanya batiknya saja tapi wisata dan kulinernya pun menjadi buruan wisatawan ketika berada di kota pekalongan. Sama seperti kota yang lainya memiliki kuliner dengan citra rasa khasnya tersendiri. Buat kamu jang ingin menjelajahi kota pekalongan kurang pas rasanya kalo belum mencicipi kulinernya. Langsung aja beberapa kuliner pekalongan yang wajib banget kamu coba.

 

Pindang tetel

makanan-khas-pekalongan-pindang-tetel
pindang tetel

Pindang tetel merupakan salah satu makanan tradisional Pekalongan, yang di dalamnya terdapat tetelan daging sapi, dengan aroma yang menggugah selera dari bawang goreng. Pindang tetel di bua dari bumbu khas kluwak yang di campur dengan bumbu khas Indonesia lainya. Untuk menikmati pindang tetel ini sangat mudah kamu temui, Berlokasi di desa Ambo kembang kecamatan kedungwuni kamu sudah bisa menikmati pindang tetel khas pekalongan ini.

Srintil pekalongan

makanan-khas-pekalongan-srinthil
Seinthil

Srintil merupakan makanan khas pekalongan yang terkenal gurih dan manisnya, makanan ini mirip seperti ongol-ongol mempunyai tekstur kenyal dan gurih ketika dimakan karena disajikan dengan parutan kelapa. Untuk mencicipi serintil ini juga kamu temui. Perbedaan srintil dengan ongol-ongol yaitu srinthil lebih meemiliki bentuk bitnik-bintik yang di sebabkan karena tepung yang menjadi dasar bahan pembuaranya.

Baca juga:
4-oleh-oleh-palembang-yang-paling-di-buru

Lontong Lemprak

makanan-khas-pekalongan-lontong-lempark
Lontong Lemprak

Lontong lemprak berasal dari pedang lontong lemprak yang tempatnya menggunakan lesehan dari pada bangku,kampir mirip dengan sego kucing yang ada di pinggiran jalan suasana tempatnya. Lontong lemprak biasa mengunakan ayam kampong yang sudah di goreng. Makanan khas ini menggunakan kuah opor yang kental dan lezat dengan bumbu rempah Indonesia. Jangan sampe lewatkan makanan khas pekalongan yang satu ini yang setiap hari ramai pengungjung. Letaknya di depan masjid jami pekalongan.

Nasi kebuli

makanan-khas-pekalongan-nasi-kebuli
Nasi kebuli

Nasi kebuli merupakan makanan yang cukup populer di Jawa Tengan. Makanan ini merupakan makanan khas pekalongan yang banyak di gemari wisatawan, Nasi kebuli terkenal dengan hidangan rumah makan. Hidangan yang tersedia berupa sate kambing, nasi tomat, daging bakar dan nasi kebuli yang di masak dengan rempak-rempak dilengkapi dengan acar nanas, dan tekstur daging yang empuk melengkapi kuliner ini banyak di gemari.

 

Pergi ke kota pekalongan memang hal yang sangat tepat untuk menikmati wisata sekaligus makanan khasnya gimana tertarik ingin mencobanya? baca juga artikel lainya di ayotraveling.com