Blog

4 Makanan Khas Banten ini Bikin Kalian Ingin Coba!

Makanan Khas Banten – Banyak yang sudah mengetahui keberadaan Banten. Akan tetapi, orang-orang mengetahui Kota Tangerang terlebih dahulu. Ya, Kota Tangerang memang berada di Provinsi Banten. Tidak banyak yang mengetahui ternyata Banten memiliki kuliner yang beraneka ragam. Cita rasanya dapat diadu dengan kuliner-kuliner lainnya. Mau tahu apa saja? Ayo simak artikel Ayo Traveling berikut.

1. Makanan Khas Banten Sate bebek

Sate bebek ini berasal dari daerah Banten yang bernama Cibeber, ada banyak sekali kuliner yang terlahir di kawasan ini. Sate Bebek ini menjadi salah satu pilihannya. Sate bebek terbuat dari olahan daging bebek yang di campur dengan bumbu-bumbu rempah khas Cibeber. Seperti sate pada umumnya, makanan ini dibakar dengan bumbu kecap dan kacang. Yang bikin uniknya adalah daging bebeknya ini yang menambah rasa yang gurih.

2. Makanan Khas Banten Rabeg

Masakan ini paling mudah ditemukan di daerah Banten. Jika kita lihat dengan teliti makanan ini seperti masakan Timur Tengah. Mengapa demikian? Karena masakan ini menggunakan kapulaga dan bunga lawang. Biasanya makanan ini diolah menggunakan daging kambing, akan tetapi bisa diganti menggunakan daging sapi. Ini bergantung pada selera.
Untuk tampilan, Rabeg terlihat berwarna coklat persis seperti semur akan tetapi kuahnya lebih kental. Dari segi rasa, manis dan gurih. Akan lebih nikmat jika disajikan dengan nasi panas dengan ditaburi bawang goreng.

3. Sambal Burog

Biasanya sambal ini disajikan di berbagai acara besar, seperti acara musim pergi haji. Namanya saja sudah sama dengan kendaraan Nabi Muhammad SAW. Sambal ini terbuat dari kulit melinjo yang dibalur dengan bumbu bawang putih, bawang merah, kemiri, dan daun salam. Sambal ini akan cocok bila dimakan bersama nasi sum-sum. Selain itu dimakan bersama lauk lainnya.

4. Sate Bandeng

Makanan ini adalah primadona dari daerah Banten. Seperti sate pada umumnya, bentuknya juga seperti sate. Rasanya seperti otak-otak bandeng. Tidak perlu khawatir dengan ikan Bandeng yang kaya akan duri dan tulang, sate Bandeng ini sudah di hilangkan tulangnya. Sate Bandeng diolah bersama rempah-rempah bumbu khas Banten. Yang bikin uniknya adalah, bentuk sate bandeng ini seolah-olah seperti utuh, padahal tulang sudah dihancurkan. Makanan ini juga kerap dijadikan oleh-oleh khas Banten. Kalian bisa temukannya di sekitar daerah Banten.

Terimakasih sudah mampir di laman Ayo Traveling. Simak artikel lainnya tentang Makanan Khas Aceh. Semoga Artikel ini membantu dan dapat bermanfaat untuk kalian yang ingin mencari referensi tentang Makanan Khas Banten.

Leave a comment