Wisata Kuliner Cirebon tak kalah enaknya dengan kota pariwisata lainnya. Ada banyak pilihan makanan yang menggoda selera dan lidah. Selain memiliki rasanya yang enak, harganya pun terjangkau. Kuliner di Cirebon memang bervariasi, sehingga kamu bisa memilih mana yang kamu inginkan.

Berikut lima rekomendasi wisata kuliner Cirebon yang bisa jadi pilihanmu.

1. Empal Gentong

Di antara beragam macam kuliner khas Cirebon, empal gentong menjadi salah satu yang paling dicari oleh para wisatawan. Kota kesultanan ini menyediakan banyak restoran dan warung-warung makan yang menyajikan empal gentong. Di antara beragam macam kuliner khas Cirebon, empal gentong menjadi salah satu yang paling dicari oleh para wisatawan.

kuliner-cirebon-1

Kota kesultanan ini menyediakan banyak restoran dan warung-warung makan yang menyajikan empal gentong. Memiliki nama yang unik membuat orang penasaran ingin mencicipi makan ini. Empal gentong ialah sebuah masakan sejenis gulai yang berisi potongan daging sapi cincang yang diberi kuah santan dan biasa disajikan dengan lontong atau nasi dan cabai bubuk.

Tak usah khawatir untuk soal rasa, empat gentong memiliki cita rasa segar dan gurih karena kuah santan dan perasan jeruk nipis. Tersedia pula bubuk cabai bagi yang suka pedas bisa di atur sesuai selera.

2. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang merupakan salah satu kuliner khas Cirebon yang banyak dicari baik warga lokal maupun wisatawan yang semakin ramai berkunjung ke kota Udang ini.

kuliner-cirebon-3

Nama Nasi Jamblang disebut-sebut berasal dari nama Desa Jamblang yang berada di pinggiran kota Cirebon. Desa ini merupakan daerah asal kuliner ini. Kusdiman dan Tien Rustini yang merupakan keturunan Tan Piaw Lung disebut-sebut yang pertama kali menciptakan nasi Jamblang. Kuliner Cirebon ini memiliki rasa yang ciri khas dan berbeda dari makanan yang ada di Jawa Barat pada umumnya.

3. Mi Koclok Cirebon

Selain hidangan legendaris khas Cirebon seperti empal gentong dan nasi jamblang, adapun Mi Koclok yang juga tak kalah menggiurkan.

kuliner-cirebon-4

Disajikan dengan berbahan dasar mie dengan kuah kental tersebut tidak pernah gagal membuat para penggemarnya untuk jauh-jauh datang dan mencobanya lagi. Ada banyak sekali tempat yang dapat direkomendasikan untuk bisa menyantap mi koclok di Cirebon.

Mi Koclok yang namanya mirip dengan Mi Kocok ini sangatlah berbeda, Mi Koclok memiliki kuah kental yang terbuat dari santan kelapa serta terdapat suwiran ayam, tauge, kol, potongan telur, dan daun bawang.

4. Nasi Lengko Khas Cirebon

Nasi Lengko ialah salah satu makanan khas Cirebon yang mempunyai cita rasa tersendiri dan paling banyak dicari oleh wisatawan ketika berkunjung ke daerah Cirebon. Kamu dapat menemukan Nasi lengko di daerah Cirebon, cilacap, tegal, kabupaten Kuningan, hingga Kabupaten Majalengka.

kuliner-cirebon-5

Dimana nasi lengko memiliki ciri khasnya tersendiri jika dibandingkan beberapa makanan lain, sehingga menjadi daya tarik wisatawan yang berasal dari luar daerah maupun warga lokal begitu menyukai makanan khas Cirebon tersebut.

Nasi Lengko disajikan atas perpaduan nasi dengan isian sayur juga gorengan seperti tahu dan juga tempe goreng yang ditambahkan mentimun, daun kucai, sampai taoge. Semakin nikmat dengan ditambahkannya bumbu kacang sehingga terasa gurih dan juga ditambahkan kecap di atasnya. Jika kamu suka pedas, makanan ini juga cocok untuk ditambahkan cabai.

5. Sate Kalong

Walaupun memiliki nama yang cukup mengerikan, sate kalong ini bukan berasal dari daging kelelawar, melainkan dari berbahan dasar daging kerbau. Sate kalong memilki cita rasa yang manis yang hampir mirip seperti dendeng.

kuliner-cirebon-8

Uniknya penjual Sate Kalong hanya keluar pada saat sore hari saja seperti halnya kalong yang keluar hanya saat matahari tenggelam dan sate tersebut dijual sepanjang malam. Penjual Sate Kalong memebrikan ciri khas tersendiri yaitu mengantungkan genta kerbau pada pikulan nya sehingga saat pejual berjalan akan terdengar bunyi genta kerbau.

Dari kelima makanan diatas manakah yang paling kamu sukai? Jika kamu butuh informasi lain seputar wisata, kamu bisa membaca di Wisata Indonesia.