Archive

Februari 2020

Browsing

Makanan khas makassar– Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan yang membuat sesuatu mempunyai ciri khas. Seperti makassar yang terkenal mempunyai keunikan dalam citrarasa kulinernya. Daerah yang juga di kenal dengan budaya dan wisata alamnya. Ternyata makassar mempunyai Makanan khas yang dapat menggunggah selera makan. Soal rasa jangan diragukan lagi makassar mampu memberi bumbu yang berani pada masakan. Berikut adalah masakan yang wajib kamu coba ketika berada di makassar.

 

Konro

Makanan-khas-makassar-konro
Konro

Konro merupakan makanan yang berbahan daging sapi atau iga sapi. Cara pengolahannya daging sapi di rebus dengan menggunakan rempah khas seperti kayu manis, air asam jawa dan bahan lainnya. Konro bisa di masak sup dan juga bisa di masak dengan di bakar. Untuk mengetahui daging sapi tersebut warnanya akan berubah menjadi kecoklatan. Mempunyai aroma yang sangat kuat dan rasa yang lezat mampu membuat selera makan meningkat. Memiliki rasa pedas paling pas jika dilengkapi dengan nasi hangat.

Baca juga:
5 Makanan Khas Bengkulu yang Lezat

Pisang epe Makasar

Makanan-khas-makassar-pisang-epe
Pisang epe

Pisang memang buah yang banyak kita temukan di setiap daerah, banyak kota yang membuat makanan berbahan dasar buah pisang. Jika di makasar pisang ini diolah dengan cara di goreng, direbus . Cara membuat pisang epe yaitu dengan cara di bakar setengah matang lalu ditekan-tekan hingga berbentuk pipih. Dan kemudian di hidangkan dengan cara disiram gula merah cair. Bisa juga di tambahkan beberapa toping di atasnya.

 

Es Pisang ijo

Makanan-khas-makassar-es-pisang-ijo
Es pisang ijo

Masih berbahan dasar buah pisang, es yang satu ini cukup populer di kota makassar. Mempunyai keunikan yaitu pisangnya di bungkus dan di gulung dengan kulir berwarna hijau. Kemudian disajikan bersama kuah santan yang ketal dan isian yang lainaya untuk melengkapi es pisang ini. menikmati es pisang di siang hari membuat tenggorokan menjadi lebih segar.

 

Soto Makassar

Makanan-khas-makassar-soto-makassar
Soto makassar

Makanan ini sudah menyebar luas di sejumlah kota di Indonesia. Makanan berbahan dasar daging sapi dan juga dilengkapi dengan jeroan sapi. Pelengkap lainnya yaitu kacang tanah yang sudah di goreng. Kuahnya memiliki rasa yang khas di buat dengan rempah-rempah khusus. Soto makkasar paling lengkap jika di sajikan menggunakan lontong.

 

Bebek Palekko

Makanan-khas-makassar-bebek-paleko
Bebek palekko

Bebek Paleko merupakan nasi yang di cambur dengan bebek goreng. Mempunyai rasa yang pedas membuat siapa saja yang makan akan ketagihan, pedas bebek berpadu dengan bumbu yang meresap ke dalam daging. Makanan ini bisa di temukan di lestoran daerah makassar. Jika berkunjung ke kota makassar jangan sampai lewatkan makanan yang satu ini.

Terimakasih sudah berkunjung di artikel makanan khas makkasar untuk mengenai kuliner dan wisata lainya bisa berkunjung ke blog ayotraveling.com

Wisata Situbondo– Situbondo merupakan salah satu daerah yang memiliki wisata yang cukup lengkap dan menakjubkan. Bahkan ada beberapa wisata yang khusus untuk penyambutan tahun baru, dan banyak pengunjung yang datang ke situbondo untuk menghabiskan waktu liburannya. Jika kamu mempunyai rencana berlibur rasanya situbondo menjadi tempat yang paling pas. Karena memiliki pesona wisata yang mampu menghipnotis wisatawan. Mulai dari wisata alam dan wisata lainya. berikut adalah wisata yang ada di situbondo yang wajib kamu kungjungi.

 

Kampung Kerapu Situbondo

Wisata-situbondo-kampung-kerapu-situbondo
Kampung kerapu situbondo

Wisata yang merupakan tempat penangkaran ikan kerapu. Terbentuknya kampong Kerapu karena pemerintahan Situbondo ingin menjadikan ikan kerapu sebagai salah satu ikon yang dapat menarik banyak orang. Dengan adanya dermaga yang melingkar dan mengapung menjadikan kampong kerapu ini memiliki daya tarik tersendiri. Pengunjung juga dapat melihat keindahan dermaga dan dengan cahaya yang menarik di malam hari.

Baca juga:

Destinasi 5 Wisata Sumedang yang Harus Kamu Kunjungi Saat Akhir Pekan

Puncak Rengganis

wisata-situbondo-puncak-rengganis
Puncak rengganis

Puncak rengganis merupaan sebuah tempat yang berlokasi di desa Baderan. Kabupaten Situbondo. Obyek wisata ini yang disukai para pendari. Memiliki lingkungan yang sangat bersih dan fasilitasnya yang cukup memadai. Pastinya akan membuat wisata kamu lebih nyaman. Yang menjadi daya tarik tersendiri yaitu puncak renggis memiliki cerita mistis berupa peninggalan-peninggalan jaman dahulu.

 

Pantai Pasir Putih

wisata-situbondo-pantai-pasir-putih
Pantai pasir putih

Pantai yang berada di selat madura, yang memiliki pasir yang begitu putih dan bersih. Pantai pasir putih sangat populer di sebagian masyarakat Jawa Timur. Karena pantai ini menawarkan berjuta panorama dengan keindahannya. Memiliki berbagai macam ikan dan terumbu karang yang dapat kamu jumpai di pantai ini. pantai yang terkenal dengan ombaknya yang begitu tenang akan membuat anda betah berlama-lama di pantai ini.

Waduk Bajul Mati

Wisata-situbondo-waduk-bajul-mati
Waduk bajul mati

Wasuk bajul mati biasa digunakan untuk pengaliran dan pembangkit listrik masyarakat situbondo. Waduk bajul mati mampu menarik perhatian wisatawan, yang ingin mengabadian keindahan pemandangannya. Waduk ini memiliki kesejukan alam dilengkapi dengan gemercik air yang mengalir dan angin yang berhembus. Membuat tempat ini ramai dikunjungi wisatawan baik diluar pulau jawa. Tempat ini juga bisa menjadi salah satu sport foto yang instagrammabel loh.

 

Terimaksih sudah berkunjung di artikel ini, untuk mengenai destinasi wisata lainya silahkan berkunjung ke blog ayotraveling.com

 

Pantai Liang yang terletak di Desa Liang, Kabupaten Maluku Tengah ini benar-benar nggak boleh kamu lewatkan. Pantai ini punya banyak banget keindahan yang nggak ada di tempat lain. Nah, apa saja kelebihan pantai yang bernama asli pantai Hunimua ini? Ini dia beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang pantai Liang.

 

BACA JUGA

Info Travel Bandung Bekasi yang Bisa Antar Jemput di Tempat

Biro Travel Semarang Solo Murah Bisa PP Ke Lokasi Tujuan

5 Rekomendasi Wisata Jambi yang Banyak di Kunjungi Turis

Daftar Travel Cirebon Bandung yang Melayani Door to Door Ready 24 Jam

 

 

Pasir Putih

Pantai ini punya pasir putih yang bersih banget, karena pantai ini belum begitu populer, makanya disini masih bersih dari sampah yang tentunya sangat mengganggu pemandangan. Pasti betah banget berlama-lama disini.

 

Air yang Sangat Jernih

Nah, kali ini air lautnya. Air laut disini bening banget dan birunya bergradasi gitu, lho. Karena saking jernihnya, pantulan sinar matahari  ke laut bikin birunya cantik parah. Nggak heran kalau pengunjung ada yang menyebut air di pantai ini berwarna biru, namun juga ada semburat hijau tosca.

 

Air Tenang

Gelombang air disini tenang banget. Jadi, buat kamu yang mau berenang jangan khawatir terbawa ombak. Pantai disini ideal banget buat yang yang mau santai-santai. Betah deh dijamin!

 

Banyak Pepohonan

Di pantai ini, suasana alamnya masih benar-benar asri. Banyak banget pepohonan yang rimbun. Suasana disini sangat teduh, cocok banget buat kamu yang mau santai duduk-duduk di tepi pantai dengan hembusan angin yang bikin kamu betah berlama-lama disini.

 

Jarak

Pantai ini lokasinya nggak jauh dari kota Ambon. Jaraknya kurang lebih 31 km dari Kota Ambon. Karena pantai ini lokasinya nggak jauh dari ibu kota, jadi pilihan transportasinya pun beragam. Terdapat pula dermaga kayu sederhana yang menjorok ke pantai sepanjang 200 meter di lokasi ini. Fasilitas yang tersedia untuk pengunjung antara lain ruang bilas, ruang berganti baju, hingga warung-warung kecil yang tersusun rapi yang menjajakan makanan ringan dan pakaian.

Kali ini Kalimantan Tengah yang bakal dibahas. Hmm… Kamu pernah liburan ke Kalimantan nggak nih? Kalimantan menyimpan bamyak sekali keindahan alam, mulai dari pantai, danau, hingga hutan yang sangat mempesona dan membahana. Berikut ini tujuan wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di Kalimantan:

 

BACA JUGA

6 Fakta Menarik Wisata Taman Lampion di Jogja

Info Travel Bandung Bekasi yang Bisa Antar Jemput di Tempat

 

Taman Nasional Sebangau

Taman nasional ini merupakan salah satu hutan gambut yang masih tersisa di Kalimantan. Di taman ini terdapat ribuan habitat orangutan, mamalia, burung, ikan, serta berbagai jenis tumbuhan.

 

Sungai Kahayan

 

Sungai Kahayan merupakan salah satu sungai terpanjang di Kalimantan, yang mempunyai bentuk yang sangat unik karena mirip dengan teluk yang menjulur ke dalam. Sungai ini mempunyai luas 81.648 km persegi, dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Destinasi ini jangan sampai kamu lewatkan ya!

 

Danau Tahai

 

Danau ini menyajikan pemandangan danau kecil yang dikelilingi dengan hutan gambut. Danau ini terletak di Desa Tahai, Kecamatan Bukit Batu. Kamu bisa menikmati keindahan danau dan hutan tanpa terendam air gambut. Danau ini memiliki air yang berwarna merah, warna merah ini berasal dari akar-akar pohon.

 

Pantai Ujung Pandaran

Pantai ini merupakan pantai landai, dengan perbatasan langsung dengan laut Jawa. Pantai ini memiliki pasir yang putih. Dihiasi rimbunan pohon. Pantai ini terletak di Desa Ujung Pandaran, Kabupaten Kota Waringin Timur. Dijamin kamu nggak akan nyesel deh kalo liburan kesini!

 

Tanjung Keluang

 

Lokasi ini memiliki hamparan pasir putih nan bersir dengan deburan ombak yang menenangkan, pantai ini cocok banget buat kamu yang mau berenang, karen ombak yang nggak terlalu besar. Pantai ini berlokasi di Desa Kubu, Kumai, Kotawaringin Barat.

Kamu mau berkunjung ke Raja Ampat? Tapi cuma punya waktu sehari? Jangan khawatir, Piaynemo punya alam dan kuliner yang nggak ada duanya. Salah satu tujuan utama ke Raja Ampat, Papua, biasanya ke Piaynemo. Di satu tempat ini saja, Piaynemo dan area di sekitarnya, menyuguhkan banyak sekali atraksi wisata alam, budaya hingga petualangan. Sekali kayuh perahu ke Piaynemo, dapat beberapa titik sekaligus. Dan yang paling menarik, bisa dicapai dalam sehari. Seru kan… Berikut ini tempat-tempat recommended di Piaynemo:

 

Pulau Fam

 

Untuk menuju ke lokasi ini, kamu harus menyewa kapal dari Waisai. Nggak cuma pemandangan yang bisa kamu nikmati, disini kamu juga bisa wisata kulineran. Pemandangannya pun instagramable banget, lho.

 

Desa Saukabu

 

Pantai Saukabu indah banget lho guys, airnya yang biru dengan pasir yang putih, bikin kamu betah berlama-lama disini, menikmati angin yang sepoy-sepoy. Mau berenang di pantai ini juga asik banget pastinya, sambil menikmati air kelapa yang seger banget.

 

Telaga Bintang

 

Telaga Bintang ini letaknya sangat berdekatan dengan Piaynemo, pemandangannya pun hampir sama. Kenapa disebut Telaga Bintang? Karena pemandangan di bawah mirip telaga berbentuk bintang. Perbedaannya dengan Piaynemo, yaitu Telaga Bintang nggak ada tangganya dan hanya batu-batu yang disemen untuk dudukan kaki. Pengunjung diharapkan berhati-hati ketika mendaki kerena banyak batu karang.

 

Piaynemo

Nah, ini dia tujuan utamanya. Lokasi Piaynemo nggak jauh dari Telaga Bintang. Tapi karena sebagai destinasi utama di sekitar Waisai, tempat ini bisa sangat ramai. Untuk mencapai titik tertinggi, kamu harus menaiki anak tangga. Tapi kamu jangan khawatir jika sudah mencapai atas, lelah mu akan terbayarkan dengan pemandangan yang sangat indah.

 

Pulau Friwen

 

Jaraknya agak jauh dari Piaynemo, sekitar 1,5 jam dengan kapal cepat. Tapi jaraknya lebih dekat ke Waisai, tempat awal berangkat. Perlu singgah di tempat ini untuk menyegarkan badan setelah mendaki yang melelahkan. Buat anak-anak bisa main ayunan sebelum tercebur ke air. Segar…

 

Wisata Halmahera Barat – Jailolo memiliki banyak destinasi wisata seru yang bisa kita kunjungi ketika liburan tiba. Mulai dari keindahan pantainya, air terjun, hingga menikmati keindahan Jailolo dari ketinggian. Berikut ini 5 wisata seru di Jailolo, wisata Halmahera Barat:

 

BACA JUGA

Liburanmu Tidak Sempurna Jika Tak Membeli Oleh-oleh Khas Lampung ini

3 Tempat Wisata Bukit Bintang di Indonesia yang Memiliki Pesona fenomena antariksa

Wisata Seru di Pulau Untung yang Sangat Mempesona

 

Tanjung Rappa Pelangi

Tanjung Rappa Pelangi terletak di Desa Tuada, Jailolo. Lokasi ini sangat tepat sekali untuk menikmati senja, lho. Dari sini terlihat pemandangan gunung Jailolo, Gunung Tidore dan gunung Gamalama. Dengan pasir putih yang luas, serta pohon kelapa yang menghiasi sepanjang pantai.

 

Mercusuar Tanjung Bobo

Dari mercusuar ini kamu dapat menikmati Jailolo dengan pemandangan 360 derajat. Mercusuar ini berada di desa Bobo. Dari sini kamu bisa menikmati pemandangan yang sangat cantik nan menyegarkan mata, gunung, kota laut dan pantai berpadu menjadi kesatuan nan elok menyegarkan mata.

 

Air Terjun Kahatola

Air terjun Kahatola juga menjadi magnet kunjungan wisata ke Jailolo. Air terjun yang berada di tebing batu yang tinggi dan terjal, ditambah dengan pepohonan di setiap kiri dan kanannya, serta pemandangan air terjun yang turun langsung ke laut menjadi pemandangan yang indah banget.

 

Pantai Idamdehe

Pantai Idamdehe adalah Pantai vulkanik yang berada di desa Idamdehe, sehingga aliran airnya panas. Laut bagian utara yang terasa panas berasal dari panas bumi, sedangkan bagian selatan terasa dingin. Untuk sampai ke lokasi ini kamu dapat menempuh perjalanan sejauh 12 kilometer dari pusat kota Jailolo.

 

Pantai Babua

Nah… Yang terakhir adalah Pantai Babua, jangan sampai kamu melewatkan ini. Buat kamu yang hobinya menyelam, di tempat ini sangat wajib untuk dikunjungi. Unduk sampai ke tempat ini, kamu bisa menyewa speedboat.

 

Restoran Seafood – Bahas kulineran lagi yuk! Jadi, jangan salah ya, Jakarta punya banyak macam kuliner seafood enak-enak, lho. Buat kamu yang demen banget sama seafood, berikut ini rekomendasi restoran seafood enak dan murah versi Ayo Traveling.

 

BACA JUGA

TIPS LIBURAN AMAN DI MUSIM WABAH CORONA

 

1. Wiro Sableng 212

Di daerah Kelapa Gading ada restoran seafood yang namanya unik, Wiro Sableng 212, seperti nama serial di TV ya. Harganya pun cukup terjangkau dan porsinya sangat banyak. Dan ternyata restoran ini merupakan salah satu restoran yang digemari oleh pak presiden Jokowi, keren kan. Menu favorit pak presiden adalah kepiting saus telur asin dan kepiting saus padang. Restoran ini tergolong ramai, apalagi kalau malam Minggu. Soal penyajian nggak perlu diragukan lagi.

2. Pondok Pangandaran

Restoran seafood ini wajib banget kamu coba, restoran dibilangan Jakarta Utara ini memiliki harga yang sangat terjangkau. Paling mahal hanya Rp 80 ribuan. Harga satu porsi kepiting isi pun hanya Rp 30 ribuan. Beberapa menu yang wajib kamu coba di restoran ini adalah kepiting telur saus asam manis, cumi goreng tepung, udang goreng telur asin, dan kerang hijau saus padang.

 

3. Bandar Djakarta

Restoran yang satu ini terkenal banget. Menu makanan di restoran ini sangat beraneka ragam. Uniknya di restoran ini kamu bisa memilih langsung seafood nya dari akuarium. Suasana restoran nya pun sangat nyaman dan menenangkan. Dijamin nggak nyesel deh.

 

4. The Grand Ni Hao

Restoran di kawasan Jakarta Barat ini tempatnya sangat nyaman, menunya udah nggak diragukan lagi. Menu andalannya yaitu udang goreng mayonaise, baby cumi saus madu, salad ikan teri, dan ikan kerapu. Buruan yuk ajak teman-teman atau keluarga kamu untuk cobain makan disini. Dijamin nggak nyesel.

 

5. Aroma Sop Seafood

Sekarang giliran restoran di kawasan muara karang yang jadi rekomendasi versi Ayo Traveling. Restoran seafood di muara karang ini punya banyak review positif dari pencinta kuliner. Tempatnya besar, penyajiannya cepat. Ikannya besar-besar, ada menu sayurannya pula. Menu rekoomendasinya yaitu udang goreng telur asin, udang rebus, dan ikan kerapunya.

Jadi gimana nih? Udah tau kan mau makan di restoran mana?

Pernah liburan ke Bali? Budget nya pasti lumayan yaa. Bahkan bisa lebih besar dari liburan ke luar negeri. Hmm… Tiket ke Bali memang lumayan mahal, tapi kamu ngenes nggak sih kalau cuma liburan ke luar kota aja segitu. Kalau kamu merasakan hal seperti ini, bisa jadi kamu kurang tricky, atau bisa saja kamu melakukan kesalahan, seperti di bawah ini.

 

BACA JUGA

5 Makanan Khas Makassar Paling Populer Sampai saat ini

 

1. Liburan saat High Season

Liburan ketika high season memang harus dihindari. Karena tiket pesawat ke Bali untuk satu orang saja bisa mencapai 2 jutaan. Pada musim liburan nyaris seluruh penginapan di wilayah Seminyak penuh. Para ojek online ketika high season di Bali biasanya mereka lebih memilih menjadi ojek konvensional, dengan tarif yang sangat tinggi.

 

2. Menginap di Hotel

Untuk menghemat budget, kamu bisa menginap di homestay, dibandingkan kamu harus menginap di hotel yang tentu harganya lebih mahal. Jika kamu solo traveling, homestay nampaknya menjadi pilihan yang sangat tepat.

 

3. Beach Club Setiap Hari

Buat kamu para hedoners, beach club nampaknya memang menjadi tempat paling favorit di Bali. Tapi jangan sampai kegiatan ini berlangsung setiap hari, demi postingan di Instagram kamu. Yang ada dompet kamu bisa hamsyong. Meskipun disana nggak memberlakukan minimal order, tetap saja harga makanan maupun minumannya lumayan diatas rata-rata.

 

4. Wisata Kulineran Mulu

Kulineran di Bali memeang asyik, Bali merupakan surganya kulineran. Berbagai macam makanan bisa kamu coba. Di Bali ada pizza yang rasanya mirip banget kaya pizza di Italia. Ada pancake juga, burger, smoothies… Makanan populer ala- ala Barat, ada semua disini. Kalau mau wisata kuliner, jangan setiap hari. Untuk makan sehari-hari, makan saja di warung nasi campur atau restoran padang setempat.

 

Nah… Jadi ini yang bikin kamu boros pas kamu lagi liburan ke Bali. Pokoknya kamu harus ingat baik-baik yaa… Jangan sampai mengulang kesalahan seperti ini lagi. Have a nice weekend!

 

Liburan Musim Panas – Liburan sudah menjadi agenda yang dotunggu-tunggu. Berlibur di musim panas memang sangat menyenangkan, pastikan kamu membawa barang-barang penting berikut ini:

 

BACA JUGA

Berkunjung Ke Halmahera Barat? 5 Destinasi Ini Harus Kamu Kunjungi!

Ini Dia Pekerjaan yang Cocok untuk Kamu yang Hobi Jalan-jalan

 

1. Sun Screen

Ketika liburan di musim panas, kamu harus ingat untuk melakukan perlindungan pada kulitmu. Jangan sampai setelah liburan, kulitmu malah jadi nggak terawat. Sunscreen adalah solusi yang tepat, agar produk ini bisa bekerja dan memberikan perlindungan maksimal. Selain itu, pilih juga tabir surya atau sunscreen travel size, jadi kamu praktis untuk membawanya.

 

2. Sling Bag

Liburan musim panas membuatmu bergaya simple, kamu juga bisa bawa sling bag yang tepat dan bisa memberikan kesan santai serta nyaman. Pilih sling bag atau tas silang dari bahan menarik, seperti: rotan, akar wangi, atau bahkan rajutan dengan warna yang cerah. Dijamin style kamu bakal maksimal banget.

 

3. Bawa Snack

Jangan lupa membawa makanan ringan atau snack kesukaan ketika liburan nanti, agar Anda bisa menikmati perjalanan yang lebih menyenangkan. Selain itu, snack akan menjadi solusi untuk mengatasi rasa lapar yang bisa saja datang setiap saat ketika Anda sedang liburan. Bawa snack ini dalam jumlah yang tepat dan tidak terlalu banyak.

 

4. Bawa Peralatan Meke Up Travel Size

Membawa berbagai peralatan make up mungkin saja akan membuat penampilanmu selalu maksimal selama liburan. Tetapi hal ini akan membuatmu kerepotan, apalagi berbagai peralatan make up ini juga rentan mengalami kerusakan dalam perjalanan. Pilihan peralatan make up yang praktis dan mudah digunakan,  agar tetap cantik dan nyaman ketika liburan.

5. Sun Hat

Jangan lupa untuk membawa sun hat atau topi saat liburan musim panas. Topi dengan pinggiran yang lebar ini akan melindungimu selama menikmati liburan di luar ruangan, bahkan di saat cuaca sedang panas sekalipun. Pilih topi dengan bahan yang nyaman, namun tetap mudah dibawa selama liburan kamu.

 

 

 

Bepergian ke tempat baru kita berhadapan dengan beragam kondisi dan orang baru. Nah, ini beberapa cara bagaimana menjadi turis yang ramah dan disukai.

Mungkin sudah banyak tulisan yang membahas destinasi wisata di seluruh dunia. Namun tahukah kamu bahwa ada beberapa trik yang bisa diterapkan untuk menarik hati orang-orang di tempat wisata yang kamu kunjungi.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu pakai untuk menjadi turis yang ramah.

 

BACA JUGA

5 Oleh-oleh Khas Semarang Yang Selalu di Buru Para Wisatawan

 

1. Ucapkan Terimakasih

Ini bisa kamu terapkan saat check in hotel atau menggunakan jasa pemandu wisata. Kamu bisa mengucapkan terimakasih dengan cara menanyakan nama mereka, lalu mengulang kembali berterimakasih dengan menambahkan namanya. Kamu sebaiknya mengucapkan bahwa orang tersebut telah mempengaruhi kamu dalam suatu hal, baik besar maupun kecil. Ucapan terima kasih kamu nggak boleh asal-asalan.

 

2. Pujian dan Tips

 

Nggak ada salahnya kalau kamu memberikan tips kepada pelayanatau pun tour guide saat berwisata. Tetapi jika kamu keberatan memberikan tips, kamu dapat menggantinya dengan memberikan pujian yang tulus, hal iniakan lebih meningkatkan empati satu sama lain.

 

3. Kenali Kebudayaan Lokal

Kenali busaya mereka, ingat bagaimana pun kamu tetap menjadi tamu disana. Jadi uatamakanla kesopanan. Kamu juga dapat mengenali bahasa mereka, sesekali berbicara menggunakan bahasa mereka. Hal ini akan membuat warga setempat semakin akrab dengan kamu.

 

4. Mendukung Kegiatan Setempat

Pada saat kamu beradadi daerah orang, biasakan untuk menghormati apa pun yang sudah menjadi tradisi di wilayah tersebut. kamu juga perlu bersikap sopan dan lebih peka akan apa-apa yang rasanya menjadi hal tabu di wilayah tersebut.

 

5. Bangun Obrolan Kecil

Ketika kamu sedang bersantai di cafe, jangan lupa untuk membangun obrolan-obrolan kecil dengan mereka. Banyak kok warga lokal yang senang menyambut turis yang ingin tahu tentang daerah mereka. Bahkan mereka dengan senang hati mau mengantarkan. Keuntungan lainnya dengan kamu ramah dan mau membangun percakapan, bisa punya teman baru sesama turis.